Aziz, Abdul (2025) Studi Komparatif Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam antara Siswa Program Bilingual Class dengan Bilingual Digital Class Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al Azhar 21 Solo Baru Kelas VII Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (787kB)
BAB I.pdf
Download (291kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
BAB III.pdf
Download (279kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
BAB V.pdf
Download (120kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk akhlak dan nilai keagamaan siswa. Program bilingual class digunakan untuk memperluas wawasan budaya dan keterampilan berbahasa, namun perlu dikaji efektivitasnya dalam menanamkan nilai agama secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran PAI antara bilingual class dan bilingual digital class.
Penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMP) Al Azhar 21 Solo Baru dengan sampel berjumlah 50 siswa, 21 siswa bilingual class, 29 siswa bilingual digital class. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, melakukan uji homogenitas, uji normalitas, kemudian dilakukan uji non parametris (menggunakan Uji Mann Whitney) karena data yang dihasilkan berdistribusi tidak normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa bilingual class memiliki rata-rata 83,61 dengan mayoritas siswa memiliki nilai pada kategori sedang yaitu sebanyak 12 siswa. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa bilingual digital class memiliki rata-rata 80,55 dengan mayoritas siswa memiliki nilai pada kategori sedang yaitu sebanyak 22 siswa. Setelah data dianalisis, dilakukan uji hipotesis dan didapatkan hasil Zuji (2,2423) > Ztabel (1,96) (α 5%). Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, yang artinya tidak ada perbedaan pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa bilingual class dan siswa bilingual digital class. Adapun jika dibandingkan, hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa program bilingual digital class secara rata-rata sedikit lebih tinggi dibandingkan siswa program bilingual class, namun perbedaan tersebut tidak menunjukkan keunggulan yang bermakna secara statistik pada taraf signifikansi 5%.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Bilingual Class, Bilingual Digital Class |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan 400 Bahasa, Kebahasaan, Filologi > 407 Pendidikan Ilmu Bahasa, Pendidikan Bahasa > 407.2 Riset Penelitian Ilmu Bahasa, Riset Penelitian Bahasa |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Abdul Aziz |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:36 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

