Efektivitas Penerapan Metode Hafalan Tikrar pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada Kelas VII Madrasatul Qur'an Al Mutawasshitoh Jajar Islamic Center Surakarta Tahun 2024/2025

Nur baiti, Rodhini (2025) Efektivitas Penerapan Metode Hafalan Tikrar pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada Kelas VII Madrasatul Qur'an Al Mutawasshitoh Jajar Islamic Center Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan-1.pdf] Text
Halaman Depan-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of Lembar Lampiran.pdf] Text
Lembar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan peserta didik, khususnya dalam aspek keagamaan. Salah satu bentuk upaya pendidikan Islam adalah melalui pembelajaran Aqidah Akhlak, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keimanan dan akhlak mulia. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan rendahnya penguasaan materi pada siswa, seperti yang terjadi di kelas VII MQW Jajar Islamic Center Surakarta. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode hafalan Tikrar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sebelum dan sesudah penerapan metode hafalan Tikrar, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 72,43 pada pre-test menjadi 85,14 pada post-test. Uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode Tikrar. Hal ini menunjukkan bahwa metode Tikrar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Dengan demikian, metode Tikrar layak dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan materi keagamaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan
metode pembelajaran di lingkungan Madrasatul Qur’an Al Mutawassithoh Jajar Islamic Center Surakarta.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rodhini Nur Baiti
Date Deposited: 02 Dec 2025 07:35
Last Modified: 02 Dec 2025 07:35
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year