Nur baiti, Rodhini (2025) Efektivitas Penerapan Metode Hafalan Tikrar pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak pada Kelas VII Madrasatul Qur'an Al Mutawasshitoh Jajar Islamic Center Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan-1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (764kB)
Bab 1.pdf
Download (268kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
Bab 3.pdf
Download (339kB)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (495kB)
Bab 5.pdf
Download (190kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (218kB)
Lembar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (733kB)
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan peserta didik, khususnya dalam aspek keagamaan. Salah satu bentuk upaya pendidikan Islam adalah melalui pembelajaran Aqidah Akhlak, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keimanan dan akhlak mulia. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan rendahnya penguasaan materi pada siswa, seperti yang terjadi di kelas VII MQW Jajar Islamic Center Surakarta. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode hafalan Tikrar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 35 siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan melalui tes sebelum dan sesudah penerapan metode hafalan Tikrar, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 72,43 pada pre-test menjadi 85,14 pada post-test. Uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode Tikrar. Hal ini menunjukkan bahwa metode Tikrar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Dengan demikian, metode Tikrar layak dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan materi keagamaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan
metode pembelajaran di lingkungan Madrasatul Qur’an Al Mutawassithoh Jajar Islamic Center Surakarta.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Tikrar, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak. |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Rodhini Nur Baiti |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 07:35 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 07:35 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/939 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

