Wibowo, Adi Sulistyo (2025) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Muhamadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (800kB)
BAB I.pdf
Download (70kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (119kB)
BAB III.pdf
Download (73kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (105kB)
BAB V.pdf
Download (41kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (75kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses fase perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk menganalisis implikasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh dari manusia, tempat, lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini dapat dirangkum sebagai berikut: 1) Perencanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah sesuai dengan tahapan dalam merancang sebuah program. Hal tersebut meliputi menentukan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan, menetapkan penanggungjawab, dan menyusun jadwal tahfidz Al-Qur’an yang disesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing kelas. Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari proses menghafal, metode yang digunakan, dan keterlibatan guru dalam pelaksanaan program. Dalam tahap eavaluasi, akan diadakan ujian tahfidz selama tiga bulan sekali atau tepatnya pada saat Penilaian Tengah Semester dan Akhir Semester. Hal tersebut untuk mengukur sejauh mana kemampuan hafalan siswa. 2) Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an oleh SMP Muhammadiyah 1 Surakarta berdampak pada pengembangan karakter peserta didik, khususnya kapasitas untuk meningkatkan kepribadian anak dengan menjadikan mereka lebih jujur, disiplin, santun, dan sopan.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Religius |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Adi Sulistyo Wibowo |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:47 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/943 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

