Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Muhamadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.

Wibowo, Adi Sulistyo (2025) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Muhamadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui proses fase perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025. 2) Untuk menganalisis implikasi program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh dari manusia, tempat, lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini dapat dirangkum sebagai berikut: 1) Perencanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah sesuai dengan tahapan dalam merancang sebuah program. Hal tersebut meliputi menentukan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan, menetapkan penanggungjawab, dan menyusun jadwal tahfidz Al-Qur’an yang disesuaikan dengan mata pelajaran masing-masing kelas. Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari proses menghafal, metode yang digunakan, dan keterlibatan guru dalam pelaksanaan program. Dalam tahap eavaluasi, akan diadakan ujian tahfidz selama tiga bulan sekali atau tepatnya pada saat Penilaian Tengah Semester dan Akhir Semester. Hal tersebut untuk mengukur sejauh mana kemampuan hafalan siswa. 2) Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an oleh SMP Muhammadiyah 1 Surakarta berdampak pada pengembangan karakter peserta didik, khususnya kapasitas untuk meningkatkan kepribadian anak dengan menjadikan mereka lebih jujur, disiplin, santun, dan sopan.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Religius
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adi Sulistyo Wibowo
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:47
Last Modified: 02 Dec 2025 02:47
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year