Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Srumbung Putri Magelang Tahun Ajaran 2024/2025

Hamdani, Fatimah Azzahro (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Srumbung Putri Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung, terbatas hanya pada kelas VIII. Metode Contextual Teaching and Learning adalah metode pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe one shot case study. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang mana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dari penelitian terdahulu dengan 20 item valid dan reliabel karena R-hitung>R-tabel dan nilai Cronbach alpha > sig 0,5. Teknis analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan SPSS versi 29 dan teknik regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode CTL berada pada kategori yang tinggi sebanyak 16 siswa dengan persentase 42%, namun dengan selisih 2 poin yaitu 14 siswa dengan persentase 37% berada pada kategori rendah. (2) Motivasi Belajar siswa menunjukkan kategori sedang, yaitu sebanyak 15 siswa dengan persentase 45% sedangkan 15 lainnya pada kategori rendah dan tinggi. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode CTL terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII. Hal ini karena hasil uji korelasi product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,164 > 0,05. Hal ini bertolak belakang dengan penelitian yang dilakukan oleh Amanda Fathin dkk (2022) dalam jurnal mereka yang memberi hasil penelitian yang berpengaruh.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Kontekstual, Motivasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Azzahro Hamdani
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:48
Last Modified: 24 Jun 2025 00:48
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year