Hamdani, Fatimah Azzahro (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Srumbung Putri Magelang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (782kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Srumbung, terbatas hanya pada kelas VIII. Metode Contextual Teaching and Learning adalah metode pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe one shot case study. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang mana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dari penelitian terdahulu dengan 20 item valid dan reliabel karena R-hitung>R-tabel dan nilai Cronbach alpha > sig 0,5. Teknis analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dengan bantuan SPSS versi 29 dan teknik regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan metode CTL berada pada kategori yang tinggi sebanyak 16 siswa dengan persentase 42%, namun dengan selisih 2 poin yaitu 14 siswa dengan persentase 37% berada pada kategori rendah. (2) Motivasi Belajar siswa menunjukkan kategori sedang, yaitu sebanyak 15 siswa dengan persentase 45% sedangkan 15 lainnya pada kategori rendah dan tinggi. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode CTL terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII. Hal ini karena hasil uji korelasi product moment menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,164 > 0,05. Hal ini bertolak belakang dengan penelitian yang dilakukan oleh Amanda Fathin dkk (2022) dalam jurnal mereka yang memberi hasil penelitian yang berpengaruh.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kontekstual, Motivasi Belajar |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatimah Azzahro Hamdani |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:48 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:48 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/411 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year