Pengaruh Implementasi Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VII Putri Madrasatul Qur'an Al Mutawasithoh Jajar Islamic Center Surakarta Tahun 2024/2025

Fatimah, Ainun (2025) Pengaruh Implementasi Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas VII Putri Madrasatul Qur'an Al Mutawasithoh Jajar Islamic Center Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan metode Project based learning menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakaukan dengan tujuan apakah ada pengaruh penggunaan metode Project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII putri di Madrasatul Qur’an Al Mutawasithoh Jajar Islamic Center Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korealsi hubungan. Sampel yang dipilih adalah 36 siswa kelas VII putri MQW Jajar Islamic Center Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Penggunaan metode Project based learning pada mata Pelajaran fiqih di kelas VII di kategorikan cukup dengan presentase sebesar 55,56% 2). Hasil belajar praktikum fiqih dikategorikan cukup dengan presentase 61,11% 3). Setelah dua variabel di uji hipotesisnya menggunakan rumus koefisien korelasi pearson dapat diketahui nilai signifikan sebesar 0,735, maka korelasi tersebut sangat lemah dan negative, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol diterima, artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara metode Project based learning terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MQW Jajar Islamic Center Surakarta 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Project based learning, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainun Fatimah
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:31
Last Modified: 22 Jul 2025 08:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year