Pengaruh Metode Ceramah dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Zahrah, Zahrah (2025) Pengaruh Metode Ceramah dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ceramah dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel X1 (metode ceramah) dan X2 (keaktifan siswa), serta nilai ujian tengah semester untuk variabel Y (hasil belajar). Hasil uji validitas diperoleh nilai 0,8, yang berarti seluruh instrumen valid. Hasil uji reliabilitas X1 adalah 0,930, dan X2 adalah 0,849. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji T dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode ceramah terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai Thitung 0,381 < 2,040. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai Thitung 0,237 < 2,040. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode ceramah dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan nilai Fhitung 0,072 < 3,32. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode ceramah maupun kekatifan siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrah Zahrah
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:54
Last Modified: 27 Aug 2025 02:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year