Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Habibullah, Mohammad Ridwan (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Design penelitian Nonequivalent Control Group Design, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Probability sampling jenis simple random sampling dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas VII F pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping dan kelas VII G dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Sukoharjo, dan untuk mengetahui prestasi belajar fikih dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping dan konvensional siswa kelas VII SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Sukoharjo. Satuan dalam penelitian yaitu seluruh kelas VII F SMP Islam Al-Hadi Mojolaban Sukoharjo dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII G 30 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument tes objektif berupa pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode mind mapping memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis kovariat (ANCOVA) dengan bantuan SPSS 22. Sebelum dilakukan analisis kovariat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasil analisis ANCOVA pada prestasi belajar menunjukkan bahwa nilai sig. yang diperoleh yaitu 0,019 sehingga nilai sig. 0,019 < 0,05, yang artinya metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Ridwan Habibullah
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:27
Last Modified: 25 Sep 2025 01:27
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year