Pengaruh Penggunaan Metode Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa SMP Muhammadiyah Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025

Isroy, Dea Narita (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Siswa SMP Muhammadiyah Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui penggunaan metode kontekstual pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di SMP Muhammadiyah Watukelir. Kedua untuk mengukur tingkat motivasi belajar mata Pelajaran AlQur’an Hadits pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di SMP Muhammadiyah Watukelir. Ketiga, untuk menganalisis pengaruh metode kontekstual terhadap motivasi belajar mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa di SMP Muhammadiyah Watukelir. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini Adalah penelitian kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Watukelir pada tanggal 22 April 2025 – 22 Juni 2025. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru TU, siswa kelas IX A, B, dan C. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu angket dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan berupa analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (pengujian hipotesis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh enggunaan metode kontekstual terhadap motivasi belajar mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa SMP Muhammadiyah Watukelir terlaksanakan masih kurang baik. Tetapi penggunaan metode kontekstual pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits sudah cukup baik. Serta motivasi belajar siswa sudah termasuk ke dalam kategori cukup baik. Sehingga hasil dari penelitian ini dalam pengaruh penggunaan metode kontekstual terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Watukelir masih sangat kurang, motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Sebagian besar dipengaruhi faktor lain.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Kontekstual, Motivasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dea Narita Isroy
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:44
Last Modified: 02 Oct 2025 02:44
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year