Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Barr, Muhammad Abdel (2025) Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka pada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menganalisis implementasi konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. (2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan pada guru Aqidah Akhlak, kepala sekolah, serta siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Seluruh data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara naratif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan akhlak menurut Buya Hamka diterapkan secara terintegrasi melalui kegiatan pembiasaan, program unggulan, keteladanan guru, pembinaan wali kelas, dan pembelajaran PAI, dengan fokus pada nilai hikmah, ‘iffah, syaja’ah, dan ‘adalah. (2) Faktor pendukung dalam menerapkan konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka meliputi keteladanan guru, lingkungan religius, dukungan orang tua, dan pemanfaatan teknologi secara bijak; sementara faktor penghambat dalam menerapkan konsep pendidikan akhlak menurut Buya Hamka mencakup kurangnya kesinambungan dengan lingkungan rumah, pengaruh media sosial, keterbatasan waktu, dan variasi karakter siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Akhlak, Buya Hamka
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Abdel Barr
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:19
Last Modified: 14 Oct 2025 01:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year