Rahma, Natasya Alya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Couple Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
BAB 1.pdf
Download (315kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
BAB 3.pdf
Download (357kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (323kB)
BAB 5.pdf
Download (12kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (13kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (472kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Couple Card terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan model dan media pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa terhadap materi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 4 Sukoharjo yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,573 yang menunjukkan bahwa instrumen cukup reliabel. Teknik analisis mengetahui validitas dengan menggunakan rumus Aikens V, uji normalitas menggunakan Lilliefors,uji linearitas dengan membandingkan Sig Deviation Linearity, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Semua uji tersebut dibantu menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dan Excel 2013.
Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. Shapiro-Wilk > 0,05), dan hasil uji linearitas menunjukkan hubungan yang linear antara model pembelajaran dan hasil belajar (Sig. Deviation from Linearity = 0,076 > 0,05). Selanjutnya, hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,287 dengan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,083, yang berarti bahwa 8,3% variasi hasil belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Couple Card, sedangkan sisanya 91,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Couple Card terhadap hasil belajar siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Couple Card mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Model ini dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, Couple Card, Hasil Belajar Siswa, Tematik |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Natasya Alya Rahma |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 06:28 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 06:28 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/923 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

